Resep Kue Koci

Resep Kue Koci

Kue kochi atau koci adalah pangsit Asia Tenggara Maritim yang ditemukan dalam masakan Jawa, Melayu dan Peranakan, terbuat dari tepung beras ketan, dan diisi dengan isian kelapa dengan gula aren. Di Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura, jajanan ini kerap sebagai makanan penutup dan bisa disantap kapan saja. Beberapa daerah Indonesia ada yang menyebut kue mendut, atau kue bugis

Resep Kue Koci untuk 50 Porsi

Jumlah Porsi 50 Porsi
Persiapan 55 Menit
Waktu Masak 45 Menit
Total Waktu 100 Menit
Bahan
500 gram tepung ketan
1/2 sendok teh garam
400 ml santan dari 1 butir kelapa
1 sendok teh pasta stroberi atau sesuai selera
Daun pisang untuk membungkus
Bahan Isi (enten)
1 buah kelapa muda, parut
250 gram gula pasir
250 gram gula merah, sisir
5 lembar daun pandan
Cara Membuat
    1. Isi: campur kelapa parut, gula merah sisir, dan gula pasir dalam wajan, masak dengan api kecil sambil diaduk terus hingga semua bahan menyatu, tambahkan daun pandan, Aduk sampai matang dan bisa dipulung, sisihkan.
    2. Didihkan santan, angkat, dinginkan.
    3. Tempatkan tepung ketan dalam wadah, tambahkan garam, aduk rata. Tuangkan santan dan pasta stroberi sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan mudah dipulung dan tidak lengket dii tangan. Bagi adonan menjadi bentuk bola-bola kecil.
    4. Siapkan 1 lembar daun pisang, ambil 1 adonan kulit, pipihkan, beri bahan isi, bulatkan, bungkus dengan daun pisang berbentuk kerucut.
    5. Kukus selama 45 menit sampai matang, angkat. Hidangkan.
    Variasikan bentuk jajanan pasar menjadi bentuk yang tidak biasa, misalnya klepon yang biasa bulat diubah menjadi kotak dan lubang besar donat yang biasanya satu dan besar diubah menjadi tiga lubang.

    Penelusuran: resep koci koci, resep kue koci, resep kue mendut, resep kue bugis