Membuat Martabak Manis Pakai Teflon Tanpa Mixer

60Menit
30Menit
90Menit
5
165 kalori
Membuat Martabak Manis Pakai Teflon Tanpa Mixer bahan 350 gr Tepung terigu serbaguna 6 sdm Gula pasir 1 sdt Baking soda 1 sdt Garam 2 sdt Essence vanili cair (atau 2 sachet vanili bubuk) 350 ml Air matang  cara masak  Masukkan semua Bahan 1 ke dalam wadah. Aduk menggunakan jari-jari tangan hingga semua tercampur rata dan tidak ada gumpalan adonan. Kurang lebih 4 menit. Tutup adonan Bahan 1 dengan serbet atau tutup panci. Diamkan selama 1 jam. Masukkan semua Bahan B ke dalam adonan Bahan 1. Aduk kembali menggunakan jari tangan dengan arah memutar sampai muncul sedikit gelembung-gelembung udara. Kurang lebih 4 sampai 5 menit. Panaskan Teflon. Beri sedikit butter atau mentega. Lalu bersihkan dengan tisu hingga tidak ada butter dan mentega yg terlihat. Pastikan teflon benar2 panas. Masukkan adonan. Beri sarang di pinggiran martabak dengan menekan adonan dengan sendok sayur. Api dipastikan kecil. Diamkan adonan hingga muncul gelembung2 sarang. Jika sudah muncul gelembung sarang, beri taburan gula sesuai selera. Tutup teflon hingga seluruh permukaan matang. Angkat. Beri topping sesuai selera. Iris sesuai selera. Sajikan.
Sepinggan dan Bubur

Hampir semua usia suka dengan martabak manis, membuatnya pun sangat mudah ternyata menggunakan teflon bisa membuat martabak layaknya kita beli ditempat penjual martabak pada umumnya, Ukuran Teflon yg saya pakai, diameter 25cm dan tanpa menggunakan mixer. Berikut bahan untuk membuat martabak 2 loyang (Foto By, Riki Risnandar Pixabay)

Bahan 1:
  • 350 gr Tepung terigu serbaguna
  • 6 sdm Gula pasir
  • 1 sdt Baking soda
  • 1 sdt Garam
  • 2 sdt Essence vanili cair (atau 2 sachet vanili bubuk)
  • 350 ml Air matang
Bahan 2:
  • 2 butir Telur
  • 1 sdt Baking powder
  • 150 ml Air matang
Topping:
  • Gula pasir secukupnya
  • 2 sdm Butter atau mentega
  • Meses coklat secukupnya
  • Keju secukupnya
  • susu kental manis secukupnya
Cara Membuat:

1.Masukkan semua Bahan 1 ke dalam wadah. Aduk menggunakan jari-jari tangan hingga semua tercampur rata dan tidak ada gumpalan adonan. Kurang lebih 4 menit.

2.Tutup adonan Bahan 1 dengan serbet atau tutup panci. Diamkan selama 1 jam.

3.Masukkan semua Bahan B ke dalam adonan Bahan 1. Aduk kembali menggunakan jari tangan dengan arah memutar sampai muncul sedikit gelembung-gelembung udara. Kurang lebih 4 sampai 5 menit.

4.Panaskan Teflon. Beri sedikit butter atau mentega. Lalu bersihkan dengan tisu hingga tidak ada butter dan mentega yg terlihat. Pastikan teflon benar2 panas.

5.Masukkan adonan. Beri sarang di pinggiran martabak dengan menekan adonan dengan sendok sayur. Api dipastikan kecil. Diamkan adonan hingga muncul gelembung2 sarang.

6.Jika sudah muncul gelembung sarang, beri taburan gula sesuai selera. Tutup teflon hingga seluruh permukaan matang.

7.Angkat. Beri topping sesuai selera. Iris sesuai selera. Sajikan.

Tips Anti Gagal: Untuk mengecek bahwa teflon sudah benar2 panas, beri sedikit cipratan air ke permukaan teflon. Jika air langsung membentuk seperti bola dan langsung hilang menguap, maka panas teflon sudah siap. (1) Baking soda dan baking powder kualitas baik dan tidak terekspose udara lebih dari 3 bulan; (2) Teflon harus cukup tebal. Jika tidak punya teflon tebal, alasi teflon dengan loyang kue.; (3) Telur yang digunakan harus dalam suhu ruangan. Jangan gunakan yang langsung dari kulkas; (4) Gunakan api kecil dan adonan dimasukkan ke teflon saat teflon sudah dipastikan panas.

Bagikan:
resep martabak, cara membuat martabak
5 / 450
Indonesia

Resep Terkait

Resep Soto Bandung
20Menit
2Porsi
Resep Soto Bandung
bahan 150 gram daging sapi, rebus, potong dadu 50 gram lobak, kupas, potong tipis 3 sendok makan kecap manis 1 buah tomat, potong dadu 3 cm jahe, memarkan 5 ml cuka 3 sendok makan air kaldu 2 sendok makan minyak goreng cara masak Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan potongan tomat dan jahe, aduk hingga layu. Masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam rebusan air daging (kaldu). Tambahkan kecap dan cuka, masak hingga mendidih. Tata daging sapi dan lobak dalam mangkuk saji, kemudian tuangkan kuah, taburi dengan kacang kedelai, bawang goreng, daun bawang, dan seledri di atasnya. Hidagkan soto selagi panas bersama dengan nasi, jeruk nipis, dan sambal sebagai pelengkap.
Cara Membuat Sup Gelantin Ayam
60Menit
5Porsi
Cara Membuat Sup Gelantin Ayam
bahan 250 gram daging ayam, haluskan 2 sendok makan tepung panir 1 butir telur ayam 2 sendok makan bawang merah goreng 1 sendok teh garam 1/2 sendok teh merica bubuk 1 sendok teh gula pasir Aluminium foil secukupnya cara masak Campur daging ayam halus, tepung panir, telur, bawang goreng, garam, merica, dan gula pasir, aduk rata. Bungkus dengan aluminium foil, lalu kukus kurang lebih 30 menit, angkat, dinginkan kemudian potong sekitar 1 cm Kuah: Panaskan margarin, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum. Masukkan kaldu, tambahkan garam, merica, dan pala, masak hingga mendidih. Tambahkan wortel, jamur kancing, jagung manis, dan kacang polong, masak hingga bumbu meresap, angkat. Penyajian: Siapkan mangkuk, tata potongan daging, tangkan kuah dan isinya, taburi dengan seledri dan bawang goreng.
Resep Lontong Balap
60Menit
5Porsi
Resep Lontong Balap
bahan 5 buah lontong ukuran sedang 150 gram taoge, siangi cara masak Lento Kacang Tolo: rebus kacang tolo hingga matang, haluskan 1/2 bagian dan 1/2 bagian biarkan utuh. Campur semua kacang dengan tepung sagu dan bumbu halus, aduk rata. Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat panjang, goreng matang. Kuah: panaskan minyak goreng, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan kedalam kaldu, didihkan bersama garam, merica dan jahe. Masukkan taoge, aduk, angkat. Sambal Petis: rebus cabai rawit merah dan bawang putih, kemudian haluskan, aduk bersama petis udang, garam, dan kecap manis. Penyajian: beri 1 sendok makan sambal petis dalam mangkuk, taruh irisan lontong, dan lento. Tuang kuah dan taoge, taburi bawang goreng.
Resep Kwetiau Siram Seafood Kental
30Menit
4Porsi
Resep Kwetiau Siram Seafood Kental
bahan 200 gram kwetiau seduh air panas, tiriskan 200 gram cumi, potong sesuai selera 200 gram udang ukuran sedang, buang kulit dan kepala, sisakan ekornya 2 sendok makan minyak goreng 2 sendok teh minyak wijen 4 siung bawang putih, cincang 3 cm jahe, memarkan 300 ml air 1 sendok teh garam 1 sendok teh merica bubuk 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air 1 batang daun bawang, potong-potong cara masak Panaskan minyak goreng dan minyak wijen, tumis bawang putih dan jahe hingga layu Masukan cumi dan udang, aduk-aduk hingga berubah warna Tambahkan air, garam, dan merica, masak hingga mendidih Tuang larutan maizena, masak hingga kental. Masukkan daun bawang, aduk sebentar, angkat Siapkan pinggan, beri kwetiau, tuang tumisan seafood diatasnya Hidangkan selagi hangat dengan acar mentimun, cabai, dan taburi daun ketumbar